Sejarah Kepemimpinan Sulawesi Tengah

Penulis: Soeria Lasny

Dari hasil pengamatan selama ini, ternyata banyak atau umumnya diantara siswa SD, SLP, SLA, bahkan mahasiswa yang tidak mengenal secara baik tentang daerahnya sendiri, Sulawesi Tengah. Baik pengenalan terhadap etnik penduduk asli, budaya maupun pengenalan secara geografis dan sebagainya. Pengenalan mereka hanya terbatas pada daerah kabupaten atau kota dimana mereka berada (bermukim). Dan yang paling runyam, tak jarang pula diantara para pejabat daerah juga masih banyak yang belum mengenal secara lengkap mengenai daerah Sulawesi Tengah.
Oleh alasan itu, Soeria Lasny berinisiatif menulis buku dengan judul Sejarah Kepempimpinan Sulawesi Tengah. Dalam buku tersebut penulis menyajikan mengenai penduduk asli Sulawesi Tengah dengan beragam buadaya serta beragam keunikan etnologis. Termasuk ketika daerah ini masih dalam penguasaan sejumlah kerajaan, seperti kerajaan Bungku, Mori, Banggai, Poso, Sigi Biromaru, Banawa, Talitoli, Buol dan beberapa kerajaan yang pernah ada di Sulawesi Tengah. Dari situ, penulis menyajikan penduduk yang heterogen ini bersatu padu memperjuangkan berdirinya Provinsi Sulawesi Tengah. Menyusul kisah para Gubernur Sulteng sejak Gubernur pertama Anwar Gelar Datuk Madjo Basa Nan Kuning membangun Provinsi Sulawesi Tengah melalui visi misinya masing-masing.
Buku ini diterbitkan oleh Biro Humas & Protokol Setprov Sulteng. Setelah diluncurkan dalam rangka peringatan HUT Provinsi Sulteng ke-46 tanggal 13 April 2010 di Palu, buku ini mendapat sambutan hangat sejumlah Kepala Sekolah, baik SD, SMP maupun SMA. Mereka meminta agar buku tersebut dapat diterbitkan secara massal sebagai buku pegangan referensi muatan lokal bagi para siswa. Untuk itu buku tersebut kemudian di cetak dan diterbitkan kembali (Cetakan Kedua 2011) oleh PT Berkat Media Bersama Palu.
Menyusul surat Gubernur Sulteng H.B.Paliudju No. 481.3/315/Ro.HUMAS tanggal 26 April 2010 kepada Kepala Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulteng agar buku tersebut dapat dijadikan sebagai Buku Referensi Muatan Lokal yang diintegrasikan dalam Mata Pelajaran Sejarah. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya menambah wawasan dan pengetahuan siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK,MA terhadap Sejarah Kepemimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.
Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Tengah, H.Abubakar Almahdali,SE,MSi dalam surat edarannya kepada para Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota No.420/24.10/Sek/PD meminta untuk menginformasikan kepada para Kepala Sekolah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK) agar buku tersebut dijadikan sebagai bahan Referensi Muatan Lokal yang diintegrasikan dalam Mata Pelajaran Sejarah.
Selanjutnya Buku Sejarah Kepemimpinan Sulawesi Tengah ini, telah dimasukan dalam daftar 18 judul buku yang ditetapkan sebagai Buku Referensi Muatan Lokal yang telah dikoreksi/di review oleh Tim Pengembang Kurikulum Provinsi Sulawesi Tengah No.01/IX/TPK/2011.
Khusus untuk wilayah Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Pendidikan & Olah Raga Kabupaten Banggai Syamsuridjal Poma, S.Pd, SH, MM telah menerbitkan Rekomendasi No.282/SEK.421/Dikpora/2011 tanggal m15 Maret 2011 yang menyatakan sangat mendukung kegiatan dimaksud dan menyampaikan kepada KUPTD Dikpora dan Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK Negeri/Swasta se Kabupaten Banggai untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.
Untuk mendapatkan buku tersebut dapat menghubungi Penerbit PT Berkat Media Bersama dengan alamat Jl.Garuda-Perumahan Permata Garuda 82/9 Tlp/Fax (0451) 421901 Palu 94114 atau langsung kepada penulisnya Soeria Lasny, Jl.Danau Lindu (Kompleks Pasar Tua) No.161.A Luwuk n- HP. 082196613395. ***