Banggai Tak Bisa Capai WTP

Sekkab : Masih Banyak Temuan

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Obsesi Pemerintah Kabupaten Banggai untuk mencapai penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, sepertinya tak akan tercapai.
Pasalnya, BPK dalam pemeriksaan sementaranya mendapatkan sejumlah temuan terhadap pelaksanaan anggaran APBD tahun 2011 lalu. Temuan itu terkait berbagai kesalahan penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang undangan tentang pengelolaan keuangan daerah. Dari berbagai informasi yang dihimpun media ini salah satu temuan BPK RI itu terletak pada penggunaan anggaran perjalanan dinas yang digunakan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Banggai.Bahkan, BPK merekomendasikan agar kelebihan anggaran perjalan dinas yang telah digunakan tersebut dikembalikan pada kas daerah.
Sekretaris Kabupaten Musir A.Madja saat dikonfirmasi terkait temuan BPK itu menyatakan, hasil akhir pemeriksaan BPK akan disampaikan pada Bupati Banggai.Namun, dari berbagai temuan yang telah dilakukan BPK RI atas realisasi anggaran APBD tahun 2011, daerah ini akan tetap bertahan pada penilaian BPK tahun sebelumnya. “Semua daerah inginkan penilaian dengan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian-red),tetapi kita belum bisa mengarah ke situ. Kita masih akan mendapatkan penilaian WDP (Wajar Dengan Pengecualian-red),” ungkapnya.*budi