Hari ini, SKEMA Gelar Aksi Peringati May Day

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Dalam rangka memperingati hari buruh seduania yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, maka hari ini, Serikat Pekerja Informal (SKEMA) Kecamatan Batui, akan menggelar aksi massa di daerah tersebut. 
Menurut Koordinator Aksi, Syarif Mang, aksi tersebut merupakan aksi perdana SKEMA, sekaligus mendeklarasikan pembentukan serikat pekerja pertama di Kecamatan Batui, sebagai alat perjuangan para buruh dalam menuntut hak-hak normatif buruh yang wajib dipenuhi prusahaan sesuai dengan Undang-Undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenaga Kerjaan. 
“Besok, (Hari ini, Red), kami akan menggelar aksi massa memperingati hari buruh sedunia, sekaligus mendeklarisikan pembentukan Serikat Pekerja Informal Kecamatan Batui, sebagai alat perjuangan kaum buruh yang bekerja pada sub kontraktor pelaksana pembangunan kilang, milik PT. Donggi Senoro LNG,” ujar Sarif, melalui sambungan telepon. Aksi tersebut sambung dia, akan di ikuti 50 orang pekerja dan puluhan warga simpatisan lainnya. Titik awal aksi, dimulai dari Desa Nonong, Kecamatan Batui, hingga lokasi pembangunan kilang LNG di Desa Uso. 
Tuntutan utama aksi ini, kata Sekretaris Perhimpunan Rakyat Pekerja, Kabupaten Banggai ini, yaitu menuntut pembukaan lapangan pekerjaan lagi bagi rakyat, pemberian perlindungan dan jaminan sosial buat pekerja. 
Selain itu, tambah Sarif, organisasi lain yang akan turut berpartisipasi dalam aksi tersebut, terdiri dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, Perhimpunan Rakyat Pekerja dan FOR Indonesia, serta organisasi mahasiswa. *Aswad