Demokrat Harap Jamkesda Segera Berlaku

MEDIA BANGGAI-Luwuk. DPC Partai Demokrat Banggai berharap agar program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang akan memberikan kompensasi pelayanan kesehatan gratis untuk warga, dapat segera dilaksanakan.Ketua DPC Partai Demokrat Banggai Evert Kuganda Jumat lalu mengatakan, meskipun APBD Perubahan baru akan dibahas pekan ini, namun ia berharap program pelayanan kesehatan dengan Jamkesda, dapat segera dilaksanakan.
Sebab kata dia, sudah cukup banyak keluhan masyarakat yang muncul seputar biaya pengobatan di rumah sakit. “Mereka yang mengadu adalah warga miskin, terutama yang dari pedesaan, dan ketika tiba di rumah sakit, terpaksa harus keluar biaya. Selain karena berkas atau surat keterangan miskin yang belum sempat dibuat, juga muncul beban biaya di rumah sakit, dengan alasan bukan obat yang masuk jaminan atau disuruh cari obat di apotik di luar rumah sakit, dengan alasan stok obat tertentu tidak ada di apotik dalam rumah sakit,” tuturnya.
Karena itulah, ia mendesak agar program tersebut segera terlaksana, dan Pemda harus menjelaskan pada publik secara terbuka, tentang apa-apa yang dilayani dalam Jamkesda, bagaimana pengurusannya, dan jenis pelayanan apa yang ditanggung oleh Jamkesda.*iskandar