Dinas Pariwisata Fokus Pengembangan Budaya

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, akan memfokuskan pergatiannya pada pengembangan nilai-nilai kebudayaan yang ada di daerah ini. Menurut Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banggai, Haris Hakim, selama ini instansinya sudah cukup memberikan perhatian terhadap sector seni dan pariwisata, namun masih sedikit perlu pembenahan pada aspek pengembangan kebudayaan.
Kata dia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banggai ke depan, akan memberikan perhatian terhadap upaya pengembangan budaya. Kata dia, masyarakat Kabupaten Banggai harus memahami kebudayaan yang ada di daerah ini. Hal itu hanya bisa dilakukan dengan cara adanya program dan kegiatan pemerintah yang bersentuhan dengan kebudayaan.
“Seperti apa kebudayaan saluan itu? Seperti apa kebudayaan balantak itu? Kan masih sangat jarang kita kenal dan ketahui, ini perlu perhatian serius, dan kami akan melakukan itu,? Tutur Haris Hakim.
Kata dia, pengembangan budaya sangat penting, karena dari situ diharapkan dapat memberikan nilai tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Banggai secara umum.*gafar