Evert Kuganda : Caleg Pindah Dapil Tak Bermasalah

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Ketua DPC Partai Demokrat Banggai Evert Kuganda menyatakan, kader yang menjadi calon anggota legislative (caleg) dan pindah daerah pemilihan pada Pemilu 2014 mendatang atau berbeda dapil dibanding dengan Pemilu 2009 lalu, tidak bermasalah.
Kepada wartawan Kamis (6/9) kemarin, Evert Kuganda menyatakan, soal pilihan daerah pemilihan yang akan menjadi tempat untuk mencalonkan diri, adalah hak setiap person atau kader yang menjadi caleg.
“Kan yang mengetahui potensi atau tingkat peluang keterpilihannya, adalah kader itu sendiri, sehingga masing-masing kader yang menentukan ia mau menjadi caleg di daerah pemilihan mana, termasuk kemungkinan untuk pindah dapil,” tegasnya.
DPP Partai Demokrat katanya, belum mengeluarkan aturan yang melarang bagi kader yang menjadi caleg, untuk pindah daerah pemilihan pada pemilu mendatang.
Meski demikian tandasnya, partai tentu berwenang mengatur sesuai kriteria dan aturan yang ada, apakah seseoang itu bersyarat menjadi caleg Partai Demokrat atau tidak.
Untuk saat ini kata dia, Partai Demokrat tengah melakukan proses inventarisasi kader dan tokoh yang kemungkinan bisa menjadi bakal calon anggota legislative, disamping tengah disibukan dengan urusan proses pedaftaran dan verifikasi parpol.*pr