Isu ‘PONGKO’ Masih Selimuti Luwuk

MEDIA BANGGAI–Luwuk. Aroma mistik tentang keberadaan ‘pongko’ di Kota Luwuk tak serta merta hilang di tengah masyarakat, meski beberapa hari lalu orang yang diduga memiliki ilmu hitam tersebut telah mengklarifikasi berita yang beredar. Faktanya, suasana di sejumlah komplek mulai sunyi kala malam menyelimuti Kota Luwuk.
Hal tersebut diamini Paul, salah satu warga Karaton, Sabtu (8/9) lalu. Menurutnya, keadaan di kompleknya mulai sunyi kala memasuki pukul 21.00 WIB. Bahkan, lanjut warga yang memiliki kios ini, warga di kompleknya sudah tidak ada yang datang membeli ketika telah memasuki pukul 21.00 WIB.
“Setelah ada isu pongko itu, ini komplek langsung jadi sunyi. Orang-orang so te kaluar malam, apalagi kalau so jam sembilan lewat. Padahal, biasanya masih ada orang yang datang ba beli biar so jam sepuluh, tapi sekarang so tidak,” kilah bapak dua anak ini.
Isu ‘pongko’ ini semakin menguat di tengah masyarakat Luwuk kala peristiwa kerasukan terjadi di kelurahan Bungin, Minggu (9/9) tadi malam.
Menurut Sulha, salah satu warga Bungin, ada warga di kilometer mendadak tak sadarkan diri dan kerasukan.*zul