Layanan Kesehatan Masih Bermasalah

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Sekretaris Komisi A Dewan Banggai Hidayat Monoarfa mengatakan, sampai saat ini ternyata layanan kesehatan masih bermasalah.
 media ini Selasa (11/9) kemarin, ia mengatakan, di rumah sakit saja masih ada keluhan soal obat-obatan yang tidak lengkap atau pasien diminta mencari obat di apotek. Obat-obatan yang dicari di luar rumah sakit itu katanya, tentu akan menimbulkan beban biaya bagi masyarakat.
Karena itulah, ia meminta agar pemerintah melakukan pembenahan system pelayanan kesehatan, sebelum memberlakukan pelayanan kesehatan gratis melalui jaminan kesehatan daerah.
Ia mengatakan, berbagai persoalan pelayanan kesehatan ini jangan dianggap angin lalu dan ditutupi dengan informasi soal pemberlakuan pelayanan kesehatan gratis, sebab faktanya, pelayanan masih bermasalah.
Fenomena lain yang cukup merepotkan kata dia, adalah pengurusan jaminan kesehatan yang cukup panjang, dan pasien atau keluarganya harus kesana-kemari mengurus berbagai hal seperti di rumah sakit, apotek dan PT Askes. Hal-hal seperti ini kata Hidayat, mestinya dibenahi pemerintah, sehingga rakyat memperoleh kemudahan berurusan.. Faktor-faktor lain yang dianggap bermasalah katanya, juga masih cukup banyak dan butuh penanganan serius dari pemerintah.*iskandar