Masama Potensial Pengembangan Ternak Sapi

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Kecamatan Masama, menjadi salah satu wilayah yang potensial untuk pengembangan ternak sapi di Kabupaten Banggai. Pasalnya, luas lahan pertanian dan perkebunan di wilayah itu, memungkinkan untuk mengembangan program peternakan khususnya peternakan sapi.Menurut Kepala Seksi Produksi dan Perbibitan Ternak, Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Banggai, drh.Erwin Hurudji, yang ditemui diruang kerjanya, Selasa (4/9), ketersediaan lahan yang cukup, menjadi salah satu alasan untuk melaksanakan program pengembangan peternakan di wilayah tersebut. Untuk tahun ini, Kecamatan Masama mendapatkan bantuan sapi sekitar 114 ekor baik bantuan yang bersumber dari dana tugas perbantuan, dana APBD 1 provinsi maupun dana APBD II Kabupaten Banggai.
Dari data yang diperoleh wartawan koran ini di Dinas Pertanian Kabupaten Banggai disebutkan, Desa Andala memperoleh bantuan sapi dari ABD I Provinsi sebanyak 1 kelompok dengan jumlah ternak 18 ekor yang terdiri dari 1 ekor laki-laki dan 17 ekor betina.
Desa Tangeban dan Desa Kospaduatakarya masing masing 1 kelompok, dengan jumlah sapi sebanyak 10 ekor per kelompok yang kesemuanya betina. Kedua desa ini memperoleh bantuan dari APBD II Kabupaten Banggai.
Sedangkan Desa Cemerlang dan Desa Padangon, juga memperoleh bantuan yang sama dari APBN melalui anggaran tugas perbantuan. Desa Cemerlang mendapatkan bantuan 1 kelompok sebanyak 35 ekor betina dan 2 ekor jantan. Desa Padangon memperoleh bantuan 1 kelompok yakni 37 ekor betina dan 2 ekor jantan. *gafar