Dishut Lemah, Kayu Bangkep ‘Hanyut’ ke Luwuk

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Kabupaten Banggai Kepulauan yang menyimpan begitu banyak potensi sumber daya alamnya berupa kayu, akhir-akhir ini sering luput dari amatan petugas Polisi Hutannya. Bahkan kayu bernilai tersebut dengan mudah menyeberang laut keluar daerah, hal itu terbukti dengan lolosnya satu buah kapal motor pengangkut kayu illegal tersebut dari bumi trikora yang berhasil digagalkan oleh Polhut Kabupaten Banggai, Rabu (10/10) kemarin. Ditengarai lolosnya kayu illegal tersebut bukan kali ini saja.
Salah seorang sumber media ini yang berprofesi sebagai nelayan mengatakan, dirinya pernah beberapa kali melihat kapal motor yang sarat muatan yang diduga kayu keluar dari Kabupaten Bangkep menuju Luwuk. Bahkan sumber bersama rekannya pernah melakukan pengejaran, namun lolos karena kapal pengangkut kayu tersebut dibekali dengan mesin berkekuatan besar.
“Kalau ini cuma sedikit, yang lalu saya liat dengan teman-teman lebih banyak dari ini, sayangnya waktu kami kejar kapalnya lebeh laju dari torang pe katinting, kayu ini diangkut dari pedesaan Kabupaten Bangkep tanpa melalui darat tetapi langsung dimuat kedalam kapal motor,” ungkap sumber sambil menunjuk kayu yang tengah diamankan petugas Polhut.
Sejumlah warga Bangkep yang kebetulan menyaksikan diamankannya kayu tersebut oleh petugas Polhut Banggai, ketika dimintai keterangannya berharap agar Dishut Bangkep segera melakukan langkah nyata dalam memproteksi keluarnya kayu dari Bangkep tanpa adanya pendapatan bagi daerah. Bahkan mereka meminta agar pelaku illegal loging ditindak dengan tegas. *irwan