Kerja Badan Kehormatan Dipertanyakan

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Adanya anggota Dewan Banggai yang tidak masuk-masuk kerja dalam beberapa waktu terakhir, termasuk di sejumlah rapat paripurna, memunculkan sorotan berbagai kalangan termasuk sorotan dari dalam lembaga perwakilan rakyat itu sendiri.
Sejumlah warga yang menyaksikan rapat paripurna Rabu kemarin misalnya, mempertanyakan soal anggota dewan yang sudah tidak pernah terlihat sejak bulan Ramadhan lalu. “Ini sudah bulan Oktober, tapi masih ada anggota dewan yang sudah tidak pernah terlihat sejak bulan puasa lalu. Bagaimana ini Badan Kehormatan, yang katanya bertugas untuk menjaga kehormatan lembaga itu,” tanya seorang warga yang menyaksikan rapat kemarin.
Warga lainnya juga menyoroti anggota dewan yang baru terlihat saat rapat paripurna, sementara dim omen-momen lainnya tak pernah muncul. “Yang bikin heran, ada yang nanti kaliatan di paripurna macam ini hari, padahal biasa sudah tidak diketahui keberadaannya,” sambung warga lainnya yang berada di balkon saat paripurna dewan.
Anggota Badan Kehormatan DPRD Banggai Irwanto Kulap yang dimintai komentarnya mengatakan, selama ini memang ada yang jarang hadir, tapi mereka ada izin. Meski demikian, ia tidak menjelaskan izin dari siapa dan untuk keperluan apa.
Berbagai informasi yang diperoleh menyebutkan, sudah ada anggota dewan yang sampai sekitar empat kali tidak menghadiri rapat paripurna, namun belum diketahui, apakah pernah disikapi oleh BK atau tidak.*iskandar