Bupati Lania Dilematis

*Warga Tinangkung Diminta Buat Pernyataan



MEDIA-BANGGAI-Salakan. Bupati Banggai kepulauan Drs lania Laosa meminta pendemo agar membuat surat pernyataan penolakan investor sawit yang masuk di kecamtan Tinangkung Utara. Surat pernyataan tersebut akan di jadikan salah satu acuan penolakan ketika masyarakat dari kecmaatan Tinangkung Utara meminta lahan meraka dimasukan sawit.

”Ya saya minta agar kalian yang hadir disini untuk membuat surat pernyataan agar bisa menjadi alasan Pemda untuk tidak memasukan sawit di kecamatan Tinangkung Utara, karena yang hadir pada saat ini tidak semua masyarakat Tinangkung Utara, dan masih ada masyarakat yang mau menerima sawit,” ujar Lania..

Lania menyebutkan pihak investor sawit telah menolak untuk masuk di kecamatan Tinangkung Utara, berdasarkan surat yang dikirim oleh masyarakat ke Jakarta. “Sehingga pihak investor telah berinisatif untuk tidak masuk ke kecamatan tersebut,“ kata dia. Namun beberapa hari kemudian saat sosialisasi digelar di kantor Bupati Bangkep, sejumlah warga Tinangkung Utara datang dan meminta agar mereka di masukan anggota plasma. “Karenanya saya meminta agar mereka di masukan,“ ungkap Lania.

Ia juga mengatakan, kalau memang masayarakat menolak sawit lalu bagaimana dengan sebagian masyarakat yang meminta untuk di masukan. Lania juga menyebutkan, investor sawit yang masuk di Kabupaten Bangkep tidak hanya mensejahterkan petani sawit, tapi pengusaha sawit juga akan memasukan listrik kepada masyarakat, kerana industri sawit yang akan dibangun di kabupaten Bangkep itu juga akan membangun pembangkit lisrik. Sebagian daya listrik di gunakan diindustri, sisanya akan di suplai kemasyarakat.

Selain itu kata Lania, pihak investor sawit tidak akan melakukan pemaksaan kepada masyarakat. Bagi warga yang tidak mau memberikan lahan meraka, tidak akan ada pemaksaan.*amad