Mau Hemat Kuota Saat Streaming Video? Youtube Go Solusinya

sumber : Youtube
 Sebuah aplikasi yang disebut-sebut sebagai penghemat kuota data yang bernama Youtube Go resmi diliris. Dikutif dari The Verge, Rabu (28/9/2016) aplikasi streaming video ini ditujukan untuk daerah-daerah yang tidak memiliki kecepatan internet terlalu baik alias lemot.

Selain memiliki fungsi utama untuk streaming video, YouTube Go dibekali berbagai fitur untuk menghemat data internet.

"YouTube Go merupakan aplikasi baru untuk membantu generasi berikutnya dari pengguna untuk berbagi dan menikmati video," ujar VP Product Management YouTube, Johanna Wright.

Tak hanya itu, salah satu fiturnya, YouTube Go juga dilengkapi fitur preview video dalam bentuk slideshow.  Sehingga pengguna bisa mendapatkan gambaran akan seperti apa video yang bakal ditontonnya.

Pengguna juga bisa mengunduh video yang ada melalui YouTube Go. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja. Ada juga kemampuan untuk mengirimkan video yang sudah diunduh ke ponsel lain dengan memanfaatkan Bluetooth. Dengan cara ini, pengguna bisa berbagi tanpa harus menggunakan data internet untuk kedua kalinya.

Menariknya lagi, pengguna bisa melihat ukuran video yang akan diunduhnya. Jika ingin menghemat data, unduh saja yang ukuran videonya paling kecil. Namun konsekuensinya, video dengan ukuran terkecil biasanya memiliki resolusi gambar yang rendah pula.

Selain itu, sebelum mengunduh, YouTube Go akan memberitahukan berapa besar kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di ponsel.

Sayangnya, aplikasi yang merupakan inisiatif dari Google ini, baru tersedia di negara India. Sementara untuk negara Indonesia harus bersabar dulu. Sebab belum ada kabar, kapan akan dirilis di Indonesia.