Belakangan Ini, Bupati Jarang Ngantor



MEDIA BANGGAI-Luwuk. Belakangan ini, Bupati Banggai Sofhian Mile mulai terlihat jarang masuk kantor. Kantor megah di kawasan bukit halimun itu setiap hari hanya terlihat didatangi Wakil Bupati Banggai, Herwin Yatim dan Sekkab Banggai Musir Madja, serta para assisten di lingkungan pemerintah daerah.
Sejumlah pejabat daerah yang ditemui selama ini juga mengaku kesulitan bertemu bupati. Sejumlah pertemuan guna membahas masalah penting didaerah ini banyak dipimpin Wakil Bupati dan Sekkab Banggai. Sementara, Bupati Banggai belum pernah melakukan rapat penting menyangkut masalah teknis pelaksanaan pemerintahan beberapa waktu terakhir.
Dalam kurun waktu selama Ramadhan, Sofhian bahkan nyaris tak pernah terlihat masuk kantor, bahkan beberapa bulan sebelumnya juga demikian. Parahnya, tak banyak yang mengetahui kemana Bupati Sofhian Mile selama ini, dan dalam urusan apa berada di luar daerah. Informasi yang berkembang di kantor bupati Banggai Selasa (07/8) kemarin menyebutkan, bupati Sofhian Mile akan kembali keluar daerah pada hari ini. Namun hingga saat ini tak ada yang mengetahui soal agenda kegiatan bupati.
Bahkan, Kabag Humas Setda Banggai Winarso Saida, ketika dikonfirmasi soal kondisi Bupati Banggai yang jarang masuk kantor itu hanya menjawab datar. Kata dia, ada urusan penting yang harus dikerjakan oleh bupati. Winarso juga mengatakan, soal tidak masuk kantor bukan berarti bupati tidak melaksanakan tugas. “Kalau beliau ada di Luwuk, dan ada dirumah itu berarti bukan tidak melaksanakan tugas, tetap ada tugas yang dilaksanakan meskipun di rumah,” jelas Winarso.
Beberapa pesan singkat yang disampaikan wartawan koran ini melalui nomor handphone milik bupati juga tak dibalas. Begitupun saat dihubungi via telepon, juga tak diangkat.
Namun saat ditanyakan kepada sejumlah pejabat di daerah ini, mereka mengaku sms atau telpon yang disampaikan kepada bupati tak pernah dibalas. “Jangankan kalian, kamipun sebagai bawahannya sekarang kesulitan untuk berkomunikasi,” tutur sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemda. *gafar