Biaya Konsultasi Luar Daerah Setda Capai 2,6 M

MEDIA BANGGAI-Luwuk. Jika dibeberapa SKPD biaya perjalanan dinas luar daerah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, beda halnya dengan biaya konsultasi luar daerah Sekretariat daerah Kabupaten Banggai yang relatif bertahan di angka Rp2,6 miliar lebih.
Untuk Sekretariat daerah Kabupaten Banggai sendiri boleh dibilang yang paling besar meski tidak mengalami perubahan. Tahun 2012 misalnya biaya konsultasi keluar daerah Sekretariat daerah sebesar Rp2,6 miliar dan pada tahun 2013 tidak berubah. Bukan hanya sekretariat daerah saja yang biaya perjalanan dinas luar daerah yang tidak berubah, sekretariat DPRD Banggai juga demikian yakni diangka Rp579 juta pada tahun 2012 dan masih tetap di tahun 2013.
Bukan itu saja, beberapa SKPD lainnya seperti Dishubkominfo biaya perjalan dinas luar daerah juga relatif tidak berubah, yakni sebesar Rp616 juta pada tahun 2012 dan 2013.
Meski relatif tidak berubah, setidaknya ini menjadi gambaran bahwa sistem penganggaran di daerah belum berbasis kinerja, dan belum mencermintak visi misi pemerintah daerah, seperti yang dituduhkan Fraksi PDIP pada saat menyampaikan pemandangan umum fraksinya beberapa waktu lalu.
Mestinya biaya perjalanan dinas luar daerah bisa ditekan untuk kepentingan pembangunan didaerah, sebab masih banyak warga yang mengeluhkan infratruktur didaerah yang belum memadai, seperti jalan, jembatan dan lainnya yang mesti menjadi skala prioritas dibanding perjalan dinas luar daerah yang belum jelas ouptput yang bisa dihasilkan untuk kepentingan masyarakat.*yanto