Perawat Puskesmas Bunta Mogok Kerja

MEDIA BANGGAI-Bunta. Aktivitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Bunta, Kabupaten Banggai lumpuh. Para perawat yang bertugas di Puskesmas Bunta dikabarkan melakukan aksi mogok kerja dalam 10 hari terakhir pasca pelantikan Kepala Puskesmas Bunta yang baru.

Kondisi tersebut baru diketahui secara luas oleh masyarakat Bunta, ketika sebuah kecelakaan maut terjadi di Desa Tuntung, yang menewaskan 1 orang. Setelah kejadian kecelakaan itu, lima orang pasien di bawah ke Puskesmas tersebut untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Saat itu, sekitar 1 jam lebih pasien terlantar di Puskesmas Bunta tanpa ada penanganan dari perawat Puskesmas. Pihak keluarga sudah berusaha menghubungi Kepala Puskesmas melalui hand phone namun nomor yang dituju tidak aktif.

Tak lama kemudian, suara tangisan keluarga korban memecah kesunyiam malam di Puskesmas itu. Ternyata, BM, salah satu korban kecelakaan tersebut meninggal dunia.

“Saat orang sudah menangis karena sudah ada yang meninggal, barulah datang perawat, itupun yang masih honorer,” tutur sumber.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai diminta untuk melakukan kunjungan lapangan untuk mengatur kondisi tersebut. *safril