Petani Panen Jagung,Harga Rendah

MEDIA BANGGAI-Luwuk.Petani di Desa Salodik Kecamatan Luwuk Utara, kini mulai panen jagung dan hasil panenan bulan ini lebih baik dibandingkan bulan lalu. Namun harga jagung hasil panen sekarang, lebih rendah daripada harga jagung saat panen tahun sebelumnya.

Anwar (66), petani asal Desa lenyek, saat ditemui koran ini Minggu (27/1) kemarin, mengatakan, bulan lalu harga jagung pipilan kering harganya mencapai Rp 260.000 per kwintal dan cenderung stabil hingga akhir panen. Akan tetapi sekarang ini saat petani mulai panen harga jagung pipilan kering berkisar Rp 230.000 per kwintal.

Adapun harga jagung pipilan basah harganya Rp 170.000 per kwintal, lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang harganya mencapai Rp 200.000 per kwintal. Sedangkan harga jagung glondongan Rp 110.000 per kwintal, bulan lalu harganya Rp 120.000-Rp 125.000 per kwintal.

Hasil panen jagung bulan ini lebih baik dan kualitas jagungnya juga baik, tapi harganya rendah, katanya. Pastinya , sekarang ini hasil panenan jagung petani cukup melimpah dan pedagang mungkin saja sudah banyak stok , sehingga harga jagung rendah, kata Anwar.

Nanik (53), salah seorang bakul asal Bualemo ini Kecamatan Bualemo ,ketika ditemui terpisah mengatakan, fluktuasi harga jagung sangat bergantung hasil panen dan kualitasnya. Artinya, jika hasil panen jagung merosot, biasanya harga jagung tinggi. Sebaliknya, saat produksi hasil panenan jagung petani melimpah, harga jagung pun cenderung rendah.

Saya butuh waktu dua hari untuk penjemuran apalagi musin hujan seperti ini jelas saat penjemuran jagung sangat tergantung dengan waktu, walaupun jagung yang saya beli dari petani sudah dalam kondisi kering . Jadi, agar tidak sampai rugi, saya perhitungkan juga biaya-biaya tenaga penjemur, tenaga angkut dan tranpostasinya, katanya.

Nanik mengatakan, per kwintal jagung pipilan basah petani mengalami penysutan 15-20 kilogram, setelah penjemuran selama dua hari. Akibat penyutan itulah bakul biasanya melakukan pembelian dengan mempertimbangkan nilai keuntungan maupun kerugian dan harga jagung ditingkat pedagang besar atau agen sembako.*cr-emy