Sekretaris KPU Bakal Dijabat Plt

Moh. Nadjib Lapalanti
MEDIA BANGGAI-Luwuk. Sekretaris KPU Kabupaten Banggai Moh. Nadjib Lapalanti tanggal 1 Mei mendatang memasuki masa pensiun sebagai PNS. Dengan demikian jabatan penggerak roda administrasi pada lembaga penyelenggara pemilu itu segera kosong. Sambil menunggu siapa yang layak menggantikan jabatan yang telah dipegang Nadjib sekitar 10 tahun lebih itu, maka Sekretaris KPU bakal dijabat pelaksana tugas (Plt).
 
Sumber yang diperoleh Media Banggai pada kantor yang beralamatkan di jalan S. Parman Kelurahan Luwuk itu, Kamis (31/1) menyebutkan, sangat memungkinkan turun Plt Sekretaris KPU Banggai yang ditunjuk oleh KPU Provinsi Sulteng.
 
Pasalnya, proses usulan dari KPU Provinsi pada KPU Pusat butuh waktu dua sampai tiga bulan kedepan. Sementara tahapan Pemilu 2014 sudah berjalan. Bahkan pada bulan April, aktivitas pada jajaran sekretariat KPU Banggai makin padat.
 
Sumber menjelaskan, mekanismenya berawal KPU Banggai meminta kepada Pemda Banggai untuk merekomendasikan sejumlah nama dalam rangka mengisi jabatan Sekretaris KPU Banggai. “Para pejabat itu berpangkat awal III D eselon III A dan dituntut punya pengalaman,” tutur sumber yang enggan menyebutkan namanya.
 
Setelah sederet nama direkomendasikan Pemda, selanjutnya KPU Banggai menggelar pleno membahas siapa saja yang layak diusulkan sebagai Sekretaris KPU. “Ada tiga nama yang akan diusulkan. Tapi biasanya sudah ada nama yang menjadi prioritas,” kata sumber.
Bisa jadi lanjut sumber akan ada Plt Sekretaris KPU Banggai, mengingat butuh waktu hingga tiga bulan KPU Pusat menyetujui usulan dari bawah itu. Untuk mengantisipasinya, KPU Sulteng menunjuk Plt, tentu saja Kasubag yang lebih senior dari sisi kepangkapatan. *yan