Air Terjun Dendengan, ‘Surga’ Tersembunyi di Desa Koyoan


BANGGAI RAYA- Setiap destinasi wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri untuk dinikmati para pengunjung. Seperti halnya obyek wisata air terjun Dendengan di Desa Koyoan, Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai. Mungkin banyak orang yang belum mengenal obyek wisata air terjun yang satu ini. Padahal, air terjun ini memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya dibanding tujuan wisata alam lainnya. Karenanya, air terjun yang lokasinya tak jauh dari Kota Luwuk ini, menarik untuk dikunjungi.

Air terjun Dendengan memiliki pesona yang sangat indah. Selain airnya mengalir deras, air terjun ini memiliki air yang jernih melewati bebatuan yang bertingkat-tingkat disertai beberapa kolam dengan kedalaman 2 meter. Sehingga air terjun ini menampilkan pesona luar biasa, dan dijamin bisa menjadi tempat rekreasi yang mengasyikan, karena suasana alam yang indah dan asri.

Air terjun Dendengan selain memiliki keindahan juga terdapat fasilitas gazebo untuk tempat beristirahat. Selain itu juga terdapat toilet dan tempat buang air kecil yang dibangun pemerintah desa setempat. Disekeliling lokasi wisata air terjun, terdapat pepohonan rindang sehingga menghasilkan udara yang cukup sejuk.

Lokasi air terjun ini berjarak kurang lebih 4 km dari Desa Koyoan atau sekira 20 km arah selatan Kota Luwuk. Cukup dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, pengunjung akan sampai di lokasi wisata dalam waktu 15 menit dari pusat Desa Koyoan.

Rabu kemarin (21/2/2017), Bupati Banggai Herwin Yatim didampingi Camat Nambo serta sejumlah warga Desa Koyoan, mengunjungi lokasi wisata air terjun Dendengan. Kunjungan Bupati Herwin untuk memastikan keindahan alam air terjun yang menurut masyarakat sekitar, menyimpan pesona yang begitu luar biasa.

Sampai di lokasi air terjun, Bupati Herwin terkesima melihat keindahan alam yang jarang ditemukan di tempat lain. Ia pun menyempatkan waktu mengabadikan momen kunjungan itu dengan berswafoto atau selfie.

Orang nomor satu di Kabupaten Banggai ini juga berdialog dengan pemerintah desa dan masyarakat Koyoan. Bupati mengatakan akan berupaya untuk memperhatikan obyek wisata air terjun Dendengan dengan mengalokasikan pembiayaan, salah satunya terhadap penambahan fasilitas seperti tempat parkir kendaraan.

Sebab kata dia, air terjun Dendengan merupakan salah satu keindahan alam yang perlu dijaga dan dilestarikan, sebagaimana program pemerintah daerah yang salah satunya memprioritaskan pembangunan pariwisata.

Kehadiran Bupati Herwin Yatim, ternyata sangat dinantikan masyarakat sekitar. Bahkan menurut mereka, Bupati Herwin adalah pemimpin yang benar-benar memperhatikan pembangunan daerah. “Pak Herwin adalah satu-satunya bupati di daerah ini yang mengunjungi air terjun Dendengan. Ini sebagai bukti bahwa pak Herwin benar-benar memperhatikan pembangunan di daerah ini seperti pada sektor pariwisata,” kata Kades Koyoan, Roy Iskandar Hasan.

Ia berharap dengan hadirnya Bupati Herwin, dapat memberikan angin segar ke depan, khususnya dalam peningkatan fasilitas di lokasi wisata Dendengan itu, agar ‘surga’ tersembunyi itu bisa kian dikenal dan menjadi sasaran kunjungan wisatawan. NAL